Promosi adalah suatu kegiatan komunikasi bidang pemasaran yang dilaksanakan oleh produsen kepada konsumen untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi, dan mengingatkan pasar sasaran atas produk yang ditawarkan guna mendorong konsumen untuk melakukan pembelian ulang dan mencoba produk baru.
Adapun tujuan dari promosi penjualan adalah meningkatkan permintaan dari konsumen, kinerja perusahaan, dan mendukung serta mengkoordinasi kegiatan personal selling dan iklan. Media promosi adalah sarana untuk terjadinya promosi.

Media promosi yang marak saat ini adalah media online. Media promosi untuk produk jasa profesi dan profesionalisme juga semakin banyak pilihan untuk memasarkannya. Media internet menjadi sangat bermanfaat ketika sebuah website menjadi media tepat untuk memasarkan produk, baik produk barang maupun jasa lewat promosi langsung maupun online.

Strategi promosi melalui online dapat dilakukan melalui beberapa cara, di antaranya:
1. Website bisa menjadi cara promosi berbasis komunitas yang dibangun melalui gambar bergerak maupun tidak bergerak.
2. Berbagi gambar melalui pinterest.
3. Aktif di media sosial dengan posting foto, kutipan, jejak pendapat yang berhubungan dengan bisnis dan secara bertahap dapat mendorong produk yang dipromosikan.
4. Membuat blog tentang produk yang dipromosikan yang langsung link ke facebook atau twitter.
5. Jaringan sesama bisnis.
6. Menggunakan iklan.
7. Menulis di media online lain.

Media produk jasa profesi dapat dilakukan melalui ikan pada media cetak, radio, televisi, brosur, poster dengan tujuan untuk memberikan informasi utama dan daya tarik melalui teks, gambar diam, gambar bergerak, dan suara.

Promosi produk juga dapat dilakukan melalui kegiatan pameran atau presentasi untuk memperlihatkan contoh produk dan menjelaskan produk yang dipromosikan.

Posting Komentar

 
Top