Sobat super aktif, Produk hasil budi daya unggas pedaging dapat memiliki sasaran pasar lokal ataupun pasar yang lebih luas. Penjualan kepada para pembeli lokal dapat dilakukan secara langsung dari produsen kepada pembeli ataupun dengan sistem konsinyasi dengan menitipkan produk hasil budi daya di toko. Penjualan kepada pasar yang lebih luas, dapat menjangkau tidak hanya konsumen lokal melainkan juga konsumen yang di luar kota, luar pulau, bahkan luar negeri.
Pemasaran dan penjualan dengan jangkauan yang luas dapat menggunakan media online, yaitu dengan internet. Pemanfaatan teknologi internet memungkinkan produsen melakukan penasaran dan penjualan langsung. Produsen memasang gambar dan informasi mengenai produk hasil budi daya pada sosial media atau website, gambar dan informasi harus menarik dan dapat dipahami oleh para calon pembeli, pembeli yang tertarik akan berusaha untuk menghubungi produsen, produsen dan konsumen selanjutnya akan berkomunikasi secara online, baik melalui cara email, sms, atau telepon untuk membuat kesepakatan pembelian dan cara pembayaran. Pembayaran dilakukan melalui bank, sedangkan pengiriman dilakukan melalui jasa pengiriman barang.
Pengemasan produk hasil budi daya unggas pedaging untuk pasar luar daerah harus dipastikan dapat menjamin produk tetap awet sampai di tempat tujuan.
Posting Komentar